Kuliner Khas Banyuwangi – Banyuwangi yang tekenal dengan pesona wisata Pulo Merah ini menjadikan kota ini banyak dikunjungi wisatawan. Tak hanya destinasi wisatanya saja yang menarik, kuliner khas Banyuwangi juga dirasa wajib untuk di cicipinya. Tidak semua makanan yang ada di Banyuwangi merupakan makanan khas daerah tersebut, tapi ada juga menu andalan dari daerah ini yang paling legendaris dan terkenal. Apa saja yaa kira – kira? Ini dia beberapa kuliner khas Banyuwangi yang melegenda :

  1. Sego tempong

Makanan ini paling populer dan menjadikan ciri khas asli dari Banyuwangi. Asal mula nama sego tempong ialah rasanya yang begitu pedas hingga membuat pipih merah setelah memakannya yang membuat seperti di tampar (di tempong). Makanan ini penyajiannya di lengkapi dengan aneka sayuran seperti timun, kacang panjang, daun ketela, dan lain sebagainya. Kemudian tambahan lauk seperti tempe dan tahu goreng, perkedel jagung dan ikan asin. Sambal yang khas menjadikan kuliner ini lebih nikmat di temani dengan nasi hangat.

  1. Sego cawuk

Makanan ini lebih lezat jika dinikmati ketika makan pagi atau bisa kita sebut sebagai sarapan. Asal mula nama sego cawuk ini ialah cara memakannya yang tidak menggunakan sendok, malainkan menggunakan tangan (dalam bahasa jawa di – cawuk). Kuah yang terbuat dari parutan kelapa muda dicampur air matang dan ditambahkan jagung muda yang sudah dibakar, timun, bawang merah, bawang putih, dan aneka rempah lainnya menjadikan makanan ini memiliki rasa pedas segar yang khas. Lauknya bisa menggunakan ikan asin, pepes ikan laut yang rasanya pedas, hingga telur ayam. Yang menjadikan kuliner ini menjadi legendaris di Banyuwangi.

  1. Botok tawon

Tawon merupakan hewan sejenis lebah yang bisa dimanfaatkan madunya. Tak hanya madunya saja yang dimanfaatkan, di Banyuwangi memanfaat sarangnya sebagai makanan yang lezat dan gurih yaitu botok tawon. Makanan ini sangat sulit ditemukan, karena bahan bakunya yang juga tidak mudah untuk didapatkan. Tapi anda bisa menemukan makanan ini tepatnya di warung bu Misnah Desa Lemahbang Kulon, Rogojampi, Banyuwangi. Meskipun warung ini sederhana, tapi makanannya yang laris manis hingga setiap hari memerlukan hingga 10 kg sarang dan anak tawon. Bumbunya yang khas menjadikan makanan ini banyak digemari wisatawan. Penasaran bukan? Cobalah mengunjungi warung ini ketika anda sedang berkunjung ke Banyuwangi.

Demikian kuliner khas Banyuwangi yang cukup melegenda. Cara pengolahannya , bahan – bahannya , nama masakannya , hingga cara memakannya yang unik inilah yang membuat makanan ini populer hingga di mana – mana yang menjadikan kebanggan tersendiri bagi masyarakat Banyuwangi. Jangan lupa mencoba mencicipinya ketika anda sedang berada di Banyuwangi. Semoga artikel ini bermanfaat dan juga mampu menambah wawasan anda. Selamat mencobanya dan terima kasih.

Sumber : https://www.royco.co.id/