Fakultas Ekonomi Dan Manajemen IPB

Institut Pertanian Bogor menjadi universitas yang terdepan dengan ilmu Sumber Daya Alam seperti pertanian, perikanan dan kelautan, peternakan, kehutanan, dan berbagai bidang terkait. Tapi mungkin banyak yang tidak tahu bahwa di IPB juga terdapat fakultas Ekonomi dan Manajemen yang membawahi Departemen Ilmu Ekonomi, Manajemen, Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Agribisnis, dan Ilmu Ekonomi Syariah.

Fakultas yang didirikan pada tahun 2001 ini memiliki dasar formal yang tercantum dalam prasasti yang ditandatangani Wakil Presiden Republik Indonesia pada saat itu, Megawati Soekarno Putri, yang berisi “Disadari bahwa pilar utama pembangunan ekonomi berkelanjutan adalah pembangunan pertanian yang seluas-luasnya ditujukan bagi kesejahteraan bangsa dan negara secara berkeadilan. Untuk itu, keberadaan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB akan memperkuat kemampuan makro dan mikro ekonomi pertanian Indonesia.” Melalui isi prasasti tersebut, telah terangkum secara jelas tujuan didirikannya fakultas Ekonomi dan Manajemen.

Bagi anda yang ingin bekerja di perbankan dan lembaga riset, bisa memilih jurusan Ilmu Ekonomi atau Ilmu Ekonomi Syariah. Jika ingin menjadi akuntan, marketing manager, HRD manager, atau manager operasi, bisa memilih jurusan Manajemen. Dan jika anda ingin menjadi peneliti ekonomi sumberdaya dan lingkungan, ahli ekonomi sumberdaya pada departemen perekonomian (ESDM, DEPHUT, DKP, LH) dan konsultan, dapat memilih jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang bingung memilih jurusan di IPB.